Kamis, 09 Januari 2014

DFD penyewaan VCD

ini adalah Data Flow Diagram Zero(level 1) yang digunakan untuk menggambarkan sistem komputerisasi penyewaan VCD. pihak-pihak yang terkait :
a. penyewa
b. pemilik usaha
c. petugas





Komponen-komponen DFD terdiri atas :
 -Terminator
- Proses      
- Alur Data      
- Penyimpan Data (data store)



. Prosedur Penyewaan oleh Penyewa 

Menampilkan IMG_20140109_234119.jpg



pada alur dfd di atas ada 2 terminator yaitu penyewa dan pemilik .. Petugas berada di dalam sistem (yang menjalankan sistem), sehingga tidak perlu digambarkan.
untuk penyewa baru di haruskan membuat kartu anggota terlebih dahulu  . Petugas akan mencatat identitas Penyewa, membuatkan Kartu Anggota kemudian di proses dan menghasilkan kartu anggota penyewa tersebut. setelah pembuatan kartu anggota selesai maka data tersebut akan di rekapitulasi kepada pemilik. penyewa yang sudah mempunyai kartu anggota dapat meminjam film, Penyewa yang akan meminjam film dipersilakan mencari sendiri filmnya, namun, bila mereka enggan mencarinya (tidak ketemu), mereka dapat langsung bertanya ke petugas. Petugas akan mengecek data film yang dicari dan akan dipinjam tersebut ke file di komputer. Hasil pengecekan itu diinformasikan kepada Penyewa. Bila film dicari ada dan mereka mau meminjamnya, maka si Penyewa harus menyerahkan Kartu Anggotanya dan uang sewanya.



Adakalanya, petugas yang tidak yakin akan keanggotaan si Penyewa, dia melakukan cek keanggotaan ke file komputer. Bila ternyata data keanggotaannya tidak ada, maka si Petugas akan melakukan penolakan (pembatalan transaksi).Bila benar anggota, maka Petugas akan mencatat data film yang dipinjam si Penyewa tersebut (transaksi) dan akan menyerahkan kembali Kartu Anggota dan film yang akan dipinjam tersebut ke Penyewa. untuk mendapatkan laporan keuangan ,setelah terjadi transasksi antara peminjam dan penyewa data tersebut akan di proses pada rekapitulasi harian keuangan kepada pemilik dan akan tercetak laporan peminjaman VCD tersebut.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar